Air Terjun Tiu Kelep Yang Terlupakan

Air Terjun Tiu Kelep Yang Terlupakan

Air Terjun Tiu Kelep Yang Terlupakan –  Air Terjun Tiu Kelep adalah air terjun setinggi 42 meter yang bertingkat-tingkat ini terletak pada kaki Gunung Rinjani.  terjun yang berada di kaki Gunung Rinjani. Lokasinya berdekatan dengan Air Terjun Sendang Gile. Sebagai pembukan, Sendang Gile meru
mengutip dari  stof-dk.com  Air Terjun Tiu Kelep merupakan airpakan destinasi wisata yang cocok karena berdekatan dengan pintu masuk. Setelah Anda berja

ini berlokasi di Desa Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

lan lebih jauh, Anda akan melihat pemandangan Tiu Kelep yang sangat memukau. Air terjun tersebut terkenal karena keindahannya dan memiliki tinggi mencapai 42 meter.mengutip dari bobsledsong.com Dalam bahasa Sasak, air terjun tersebut memiliki arti Kolam Renang “Tiu” dan “Kelep” berarti Terbang. Jika dgabungkan, bsa berarti Kolam Renang Terbang.
Air%20Terjun%20Tiu%20Kelep - Air Terjun Tiu Kelep Yang Terlupakan

Hal itu karena terdapat buih-buih yang berterbangan. Hampir sama dengan wisata air terjun lainnya, lokasinya berada cukup jauh di pedalaman alam dengan nuansa alam yang sangat terasa. Penuh dengan lumut hijau dan tumbuhan hijau di sekitar. Sangat cocok untuk Anda yang ingin merasakan air terjun dengan nuansa alami. Selain itu, lokasinya yang berdekatan dengan wisata lain d kawasan Gunung Rinjani membuat air terjun ini patut dkunjungi.

Daya Tarik Air Terjun Tiu Kelep :

 

1. Mitos Air Terjun Tiu Kelep

Hampir sama dengan Gunung Rinjani dan danaunya Segara Anak yang konon katanya dkuasai oleh Dewi Anjani, Air Terjun Tiu Kelep juga memiliki mitos-mitos sendiri yang percayai oleh warga setempat. Konon katanya, berendam dalam airnya bsa membuat tubuh menjadi lebih segar. Membasuh muka atau mandi juga percaya bsa membuat Anda awet muda.

 

2. Nuansa Alam yang Lebih Terasa

Ketika Anda akan tiba di lokasi air terjun,

akan ada papan dengan tulisan merah yang mengatakan “Welcome to Tiu Kelep” menandakan Anda sudah sampai di lokasi tujuan. Kesan pertama pada air terjun ini tentu apa yang ada disekitarnya. Anda bisa melihat pohon hijau di mana-mana, rumput hijau, lumut hijau, bahkan batu-batuan di sana sangat licin sehingga memberikan nuansa alam yang lebih terasa. Udara sejuk sangat terasa di sana, airnya pun juga dingin dan segar. Karena itulah disarankan untuk membawa minuman hangat seperti kopi.

 

3. Petualangan Di dalam Hutan Selama 2 Jam

Sebelum mencapai tujuan, wisatawan terlebih dahulu harus menaklukkan hutan dalam perjalanan. Para wisatawan biasanya melalui hutan terlebih dahulu untuk bisa masuk ke kawasan Air Terjun Tiu Kelep yang dipandu oleh pemandu wisata khusus. Hati-hati dalam perjalanan, khususnya ranting pohon yang tajam dan batu licin. Perjalanan tersebut biasanya memakan waktu 1-2 jam.

 

4. Tempat Bermain Air

Tentu saja jika Anda pergi ke air terjun, jangan lupa untuk bermain air. Tidak hanya menyediakan pemandangan yang memukau, tetapi Air Terjun Tiu Kelep juga memberikan pengalaman bermain air yang tak terlupakan. Kolam air di dasar air terjun cukup dalam sehingga cocok untuk Anda yang ingin berendam di dalamnya. Percikan air yang jatuh dari ketinggian 42 meter juga memberikan pengaruh tersendiri dalam kesenangan Anda. Tak jarang, Anda bahkan bisa melihat pelangi kecil akibat percikan air dan juga sinah matahari.

 

5. Tempat Untuk Merelaksasi Tubuh

Suasana yang sejuk membuat Air Terjun Tiu Kelep menjadi lokasi yang pas untuk merelaksasi tubuh dari pekerjaan berat sehari-hari. Dengan dikelilingin hutan hijau, tentu memberikan udara sejuk. Tidak hanya itu, suara percikan air juga memberikan rangsangan pada otak untuk tetapi rileks. Anda bisa mencoba untuk melebarkan tikar pada aera sekitar dan duduk di sana. Tapi ingat, perhatikan area sekitar terlebih dahulu karena kehadiran hewan mematikan tidak bisa diperkirakan.

Fasilitas Air Terjun Tiu Kelep

Sayang sekali untuk fasilitas yang dsediakan  Air Terjun Tiu Kelep tidak ada. Anda hanya bisa melihat papan ucapan selamat datang dan air terjun itu sendiri. Namun untuk kedepannya kita tidak tahu. Berbicara fasilitas, Anda bsa menemukannya d area Air Terjun Sendang Gile yang tidak jauh dari Air Terjun Tiu Kelep.D sana Anda bisa menemukan warung kecil yang menyediakan minuman dan makanan. Tiu Kelep bisa dikatakan bukanlah destinasi wisata utama di kawasan tersebut, karena terdapat Gunung Rinjani yang menjadi pusat perhatian. Maka dari itu, fasilitas bisa ditemukan di area jalur menuju titik pendakian Gunung Rinjani seperti penginapan, hotel, warung, dan kepentingan transportasi.

Jam Buka dan Harga Tiket Tiu Kelep :

Anda bsa mengunjungi Air Terjun Tiu Kelep kapan saja, namun tentu saja sangat tidak dsarankan pergi di malam hari. Untuk Anda yang datang dari jauh dan berencana untuk menginap, bisa menyewa penginapan sekitar meski tidak terlalu dekat dengan air terjun. Untuk harga penginapan atau hotel tergantung. Sedangkan untuk tiket masuk, Anda harus membayar sebesar Rp 10 rb dan membayar biaya parkir Rp 5 rb kemudian mengikuti pemandu untuk melewati hutan dan tiba di tujuan.

Lokasi an Rute Tiu Kelep

Lokasi air terjun ini berada di Bayan, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, lebih tepatnya  kawasan Gunung Rinjani. Untuk bsa kesini, memakan waktu 45 menit dari Sendang Gile sedangkan dari pintu masuk pendakian, dbutuhkan sekitar 15 menit untuk sampai ke Sendang Gile. Jadi jika Anda datang dari jauh, pertama-tama Anda harus pergi ke titik pendakian, kemudian ke Sendang Gile, kemudian Air Terjun Tiu Kelep.

Pintu masuk pendakian berada di Desa Senaru. Dari batam, bia dcapai sekitar 2.5 jam perjalanan. Jika datang dari Kota Lombok, ikuti jalur pesisir kawasan Pantai Senggigi atau Bukit Malibu. Perjalanan dari sana biasanya memakan waktu 2 jam dengan pemandangan yang indah.

Untuk Anda yang sedang berlibur di Lombok dan ingin merasakan keseruan wisata air terjun, jangan lupa untuk mampir ke Air Terjun Tiu Kelep. Keindahan alam dan udara sejuknya patut untuk dirasakan.

Comments are closed.