Cara Mudah Mengelola Keuangan meski Punya Gaji yang Pas-pasan

Cara Mudah Mengelola Keuangan meski Punya Gaji yang Pas-pasan

Cara Mudah Mengelola Keuangan meski Punya Gaji yang Pas-pasan

Cara Mudah Mengelola Keuangan meski Punya Gaji yang Pas-pasan – Bagi kaum Millennial dan juga Gen Z yang kini telah mulai masuk ke dunia kerja, awal masuk dunia kerja pasti gaji yang kita dapatkan bisa membilang belum banyak cenderung pas-pasan. Pastinya juga antara kita sering kali mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan. Namun, berapapun jumlah pendapatan, kamu tetap perlu untuk mengelola keuangan. Penasaran bagaimana cara mudah mengelola keuangan meski kita punya gaji yang pas-pasan.

images?q=tbn:ANd9GcRhIHn0lxJu3xsmGhjkg2qoP3O8t5l74tn5SQ&usqp=CAU - Cara Mudah Mengelola Keuangan meski Punya Gaji yang Pas-pasan

Hitunglah pendapatan bersihmu

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengelola keuangan meski punya gaji yang pas-pasan, adalah dengan menghitung terlebih dahulu pendapatan bersihmu. Cara menghitungnya cukup mudah kamu tinggal menuliskan berapa jumlah gaji kotormu terlebih dahulu, lalu kurangi dengan tagihan atau kewajiban yang pasti akan kamu bayarkan setiap bulan. Misalnya pajak ataupun asuransi. Dari situlah kamu akan mendapatkan jumlah yang akurat mengenai gaji bersihmu.

Buatlah skala prioritas

Melansir dari http://hanoiquan.com.au/  setelah menemukan angka dari gaji bersih, maka bagilah uang tersebut ke dalam beberapa pos misalnya untuk kebutuhan sehari-hari, untuk orang tua, membayar tagihan dan sebagainya. Jangan merasa hanya karena baru gajian kamu langsung menghamburkan semua uangmu begitu saja. Bila ingin memberikan self reward, pastikan biayanya sudah terkalkulasi dengan baik pada pos-pos tersebut. Jangan sampai belum menginjak pertengahan bulan uangmu sudah menipis, padahal masih banyak kebutuhan yang harus kamu penuhi.

Pisahkan rekening tabungan dan pengeluaran

Cara mengelola keuangan terbaik yang bisa melakukan, salah satunya adalah dengan memisahkan antara rekening tabungan dengan rekening pengeluaran. Usahakan untuk memiliki dua rekening ini, agar pengeluaran yang kamu lakukan tidak akan mengganggu tabungan dari hasil jerih payahmu. Bila kamu mencampur aduk rekeningmu menjadi satu, yang terjadi kamu cenderung akan merasa lebih boros.

Sisakan untuk tabungan dan dana darurat

Meski punya gaji pas-pasan selalu usahakan untuk menyisihkan setidaknya 10 sampai 30% untuk menabung atau digunakan sebagai dana darurat. Jangan habiskan gajimu begitu saja hanya untuk pengeluaran. Meski menabung pada prosesnya membutuhkan waktu yang lama, namun disadari atau tidak dewasa ini pada zaman yang sulit memperkirakan ini kamu sangat perlu untuk menabung.

Comments are closed.