Bisnis Tekstil di Indonesia

Bisnis Tekstil di Indonesia

Bisnis Tekstil di Indonesia

Bisnis Tekstil di Indonesia – Di antara banyak negara di Asia Tenggara, Indonesia menjadi salah satu negara paling menarik untuk mendirikan bisnis karena tenaga kerja yang berjumlah besar dan tak mahal serta sumber daya alamnya yang melimpah. Saat berbicara tentang memulai bisnis di Indonesia, Anda mungkin bertanya-tanya sektor apa yang sebaiknya Anda selami.

Salah satu industri paling menarik dan menguntungkan yang banyak diselami investor asing adalah industri tekstil, terutama penjualan dan distribusi tekstil yang biaya produksinya lebih rendah apabila dibandingkan dengan banyak negara barat.

Industri tekstil di Indonesia berperan penting dalam meningkatkan perekonomian negara. Sebagai penghasil ekspor terbesar dibandingkan sektor lainnya, produk tekstil dan tekstil membawa masuk kurang lebih USD 7,74 miliar hanya pada semester pertama 2018, berkontribusi terhadap hampir 10% dari total penghasilan ekspor.

Karena pasar tekstil menjadi semakin menarik bagi investor asing, pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan dan menetapkan target untuk membawa lebih banyak lagi investasi dan meningkatkan saham global industri tekstil.

Apakah bisnis tekstil Indonesia sangat menjanjikan? Menurut direktur utama PT Trisla Textile Industries Tbk Karsongno Wongso, bisnis tekstil memang sangat menjanjikan. Pertumbuhan bisnis tekstil Indonesia terus mengalami perkembangan dengan baik. Setiap tahun perkembangannya mencapai 7,9%. Bisnis tekstil Indonesia perkembangannya dipengaruhi oleh kebutuhan fashion yang meningkat pesat.

Bisnis tekstil merupakan usaha bidang pembuatan kain, baju dan celana. Pelaku bisnis tekstil Indonesia tidak hanya perusahaan tekstil besar, tetapi pelaku usaha kecil sekarang mulai menekuni bisnis tersebut. Banyak pebisnis UKM yang menggeluti bisnis tekstil, dengan membuat inovasi bisnis dan ide kreatif membuat bisnis tekstil Indonesia bisa dikemas dengan modern.

Contohnya seperti hasil tekstil yang dibuat dengan menggunakan sentuhan budaya, hasilnya lebih berbeda dengan tekstil biasa. Tidak heran jika ide kreatif ini mampu mengembangkan bisnis tekstil Indonesia makin berkembang dan lebih maju.

Bisnis tekstil tidak hanya dibuka oleh perusahaan besar, tetapi masyarakat kecil juga bisa membuka bisnis tekstil yang dijalankan di rumah sebagai pekerjaan sampingan.

Tak ada undang-undang spesifik yang saat ini tersedia untuk mengatur penjualan tekstil di Indonesia. Namun, wajib bagi investor untuk mematuhi standar yang ditetapkan otoritas bea cukai dan otoritas industri, termasuk Kementerian Perindustrian dan Perdagangan, serta Asosiasi Produsen Serat Sintetis Indonesia.

Jenis tekstil dan produk tekstil yang dapat dijual di pasar tradisional maupun toko online adalah:

  • Tekstil terbuat dari serat alami: wool, lenan, katun, rami, dll.
  • Tekstil terbuat dari serat buatan: nilon, benang, utas, dan bahan sintetis lain
  • Tekstil dari rajutan, tenunan, kepangan, tempaan
  • Kain untuk produksi pakaian
  • Bahan untuk manufaktur tekstil
Comments are closed.