Manfaat Sukun untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Sukun untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Sukun untuk Kesehatan dan Kecantikan – Sukun berasal dari pohon yang merupakan anggota keluarga murbei, asli Pasifik Selatan. Umumnya, sukun dikonsumsi sebagai buah dalam keadaan matang dan sebagai sayuran saat masih belum matang. Sukun mengandung zat tepung dan cocok dikonsumsi dengan cara dipanggang, dikukus, digoreng, atau ditumis.

buah sukun untuk ibu hamil ba2a10b67ce28fcbbef170f9a068ac4a 600xauto - Manfaat Sukun untuk Kesehatan dan KecantikanSelain mudah ditambahkan ke dalam diet, sukun juga menawarkan cukup banyak manfaat kesehatan. Baca sampai tuntas untuk tahu apa saja manfaat sukun untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Kaya akan mikronutrien

Sukun menyediakan sejumlah vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan. Dijelaskan dalam laman Verywell Fit, makan satu porsi sukun menyediakan hampir 64 mg vitamin C, atau sekitar 85 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk perempuan dan 71 persen untuk laki-laki.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan sekitar 16 persen dari asupan tiamina (vitamin B1) yang direkomendasikan, dan sekitar 11 persen dari asupan vitamin B6 yang direkomendasikan. Vitamin lain yang terdapat dalam sukun di antaranya asam pantotenat, riboflavin, niasin, vitamin K, vitamin E, dan folat .

Sukun juga menyediakan berbagai mineral pendukung kesehatan, misalnya menyediakan 23 persen kebutuhan harian kalium. Mineral lainnya juga termasuk magnesium, mangan, tembaga, seng, kalsium, zat besi, fosfor, dan selenium.

2. Membuat rambut lebih tebal dan kuat

Menurut https://stof-dk.com/ Sukun merupakan pilihan yang sehat untuk kesehatan rambut. Dijelaskan dalam buku Bioactive Foods in Promoting Health: Fruits and Vegetables, kandungan asam lemak omega dalam sukun terbukti sangat bermanfaat bagi folikel rambut.

Karenanya, asupannya secara teratur dipercaya mampu memperkuat akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Pilihan yang sangat baik buat kamu yang ingin mendapatkan rambut sehat dan tebal, nih! Singkatnya, sukun adalah perawatan alami yang sangat baik untuk masalah penipisan rambut.

3. Membuat kulit lebih glowing

Konsumsi sukun secara teratur mampu menjadikan kulit lebih sehat baik dari luar maupun dalam. Dijelaskan dalam buku Fruits of Warm Climates, antioksidan yang ada dalam sukun baik untuk mencegah infeksi kulit dan ruam. Sukun baik dikonsumsi untuk meningkatkan warna kulit juga. Jadi, konsumsi dalam jumlah yang cukup secara teratur akan memberi perubahan pada warna kulit menjadi lebih mulus dan bersinar.

4. Baik untuk penurunan berat badan

Merangkum dari https://116.193.191.130/ Sukun dianggap sebagai makanan yang ideal untuk kamu yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Buah dengan rasa unik ini baik untuk yang punya berat badan berlebih, karena mengandung lebih sedikit kalori dan serat yang cukup tinggi, menurut studi dalam Plant Foods for Human Nutrition. Serat dalam sukun juga bisa membantu melawan lemak dan selulit.

Asupan sukun secara teratur juga bermanfaat untuk pergerakan usus yang baik dan menjaga fungsi usus. Kandungan seratnya juga bisa membantu mengeluarkan tinja dan racun dari usus.

5. Mengendalikan diabetes

Kandungan serat dalam sukun dapat memberikan kelegaan pada orang-orang dengan diabetes. Penelitian yang dilaporkan dalam African Journal of Traditional, Complementary and Alternative Medicines telah membuktikan bahwa asupan sukun secara teratur dapat mengurangi risiko diabetes dan membuat diabetes tetap terkendali. Kemampuan tersebut kemungkinan karena kandungan seratnya dapat membantu mengurangi penyerapan gula dari makanan.

Comments are closed.