Mengatur keuangan untuk anda yang baru memulai usaha

Mengatur keuangan untuk anda yang baru memulai usaha

Mengatur keuangan untuk wirausaha

Mengatur keuangan untuk anda yang baru memulai usaha – Setiap pelaku usaha harus memperhatikan banyak hal agar bisnis yang mereka tekuni bisa berkembang dengan pesat. Tentunya, keuangan merupakan salah satu elemen penting yang harus diperhatikan. Agar keuangan sebuah bisnis dapat berjalan dengan lancar, setiap pengusaha harus mengetahui cara mengelola keuangan usaha yang baik.

Pasalnya, banyak sekali kesalahan fatal yang dapat membuat sebuah usaha gagal untuk berkembang.

beberapa cara mengelola keuangan usaha yang wajib diketahui oleh orang yang baru merintis sebuah bisnis

Lakukan Perencanaan General

Bagi Anda yang baru terjun dalam usaha kecil, mulailah dengan perencanaan general untuk usaha. Apa saja program dan rencana usaha dalam satu periode panjang, kemudian bagilah perencanaan tersebut dalam beberapa periode pendek seperti triwulan, bulanan, atau bahkan mingguan. Lakukanlah perhitungan secara detail mengenai kebutuhan dana untuk menjalankan program tersebut. Tentukan pula kapan program tersebut dijalankan.

Buat Perencanaan Pendapatan

Cara kedua yang perlu Anda lakukan adalah membuat rencana pendapatan. Perkiraan pendapatan ini harus mampu memenuhi kebutuhan modal yang sudah direncanakan di awal tadi. Mulailah dengan bagaimana rencana usaha Anda dapat mendatangkan pendapatan. Mulai dari beberapa produk yang akan dijual, berapa target penjualan, strategi apa yang digunakan untuk mencapai target penjualan, hingga memastikan setiap penjualan yang dihasilkan menghasilkan keuntungan.

Memisahkan Rekening Pribadi, Keluarga, dan Usaha

Masih banyak pelaku usaha yang melakukan kesalahan fatal yang satu ini. Memisahkan rekening pribadi, keluarga, dan usaha adalah hal yang wajib dilakukan setiap pelaku usaha.

Pasalnya, dengan semua uang yang menyatu, sulit sekali untuk melihat sejauh mana bisnis kamu sudah berkembang.

Membuat Catatan Proyeksi Arus Kas

Pengawasan arus kas adalah cara mengelola keuangan usaha yang harus dilakukan secara berkala. Proses ini cukup sulit dilakukan karena peru ketelitian yang tinggi untuk mengawasinya.

Dengan adanya proyeksi arus kas, Kita akan mengetahui :

  • kapan akan menerima uang,
  • kapan waktu untuk mengeluarkan uang, dan
  • apakan kamu memiliki uang cash atau tidak.

Gunakan Laba untuk Kembangkan Usaha

Pada dasarnya yang membedakan pengusaha sukses dan pengusaha yang kurang sukses terletak pada kemampuan mereka dalam menikmati hasil jerih payahnya. Memang Anda sangat berhak sekali untuk menikmati hasil dari kerja keras, namun ada baiknya jika Anda tidak menghabiskannya begitu saja. Langkah baik dalam hal ini ialah dengan cara menggunakan uang dari keuntungan untuk dikembangkan agar menjadi usaha yang lebih besar dan mengarahkan investasi ke bidang-bidang yang menguntungkan seperti menambah armada dagang atau penambahan barang-barang dagangan untuk dijual kembali. Jika Anda melakukan hal ini maka besar kemungkinan untuk cepat menjadi pengusaha yang sukses.

Memisahkan Akunting dari Kasir

Pemisahan akunting dari kasir adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Jika bagian pemegang uang atau kasir membuat laporan keuangan, potensi memanipulasi laporan bisa muncul.

Contoh kasusnya adalah laporan menunjukkan bahwa terdapat uang di dalam kas, namun saat diaudit tidak ada uangnya. Kejadian ini terjadi karena uang biasanya terpakai untuk kepentingan pribadi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *