Tips Atur Keuangan agar Tak Bokek

Tips Atur Keuangan agar Tak Bokek

Tips Atur Keuangan agar Tak Bokek

Tips Atur Keuangan agar Tak Bokek, – Bagi banyak orang, mengatur uang bukanlah pekerjaan mudah. Bahkan setelah sekian lama memiliki penghasilan pribadi, masih banyak yang melakukan kesalahan perencanaan keuangan. Seringkali, uang terpakai habis untuk hal-hal yang tidak perlu dan pos tabungan tidak terisi.

Tak perlu pengetahuan ekonomi yang tinggi, siapapun bisa mengatur uang lebih baik. Dalam hal ini, mengatur uang berarti Anda bisa menabung, menjauhi dari utang, serta masih bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Nah, berikut empat cara mengatur uang yang bisa dilakukan oleh siapa saja:

1. Mencatat setiap pengeluaran

Melansir dari laman https://maxbetresmi.com, Banyak sekali orang yang tidak mengetahui berapa besar uang yang mereka keluarkan per bulan untuk makanan, pakaian, atau biaya untuk kebutuhan sehari-hari. Biasanya mereka hanya mengeluarkan uang dan berharap tidak kehabisan sebelum gajian berikutnya.

Merasa serupa? Segera ubah kebiasaan Anda mengatur keuangan. Mulailah mencatat setiap pengeluaran bahkan untuk hal terkecil sekalipun. Di akhir bulan, buatlah evaluasi, mana pengeluaran yang tidak perlu, dan jangan lakukan hal serupa di bulan berikutnya.

2. Menabung 10 persen dari pendapatan per bulan

Sebagian besar dari Anda mungkin selalu menabung dari sisa pendapatan setiap bulan. Mulai sekarang, cobalah sisihkan 10 persen dari pendapatan Anda langsung setelah Anda menerima gaji setiap bulan.

Berdasarkan beberapa studi, mereka yang mulai menabung dan berinvestasi lebih dulu, cenderung mendapatkan manfaat yang luar biasa dibandingkan mereka yang mengabaikan pentingnya menabung. Dengan menyisihkan pendapatan di awal, Anda bisa terhindar dari utang, karena memiliki dana simpanan untuk keperluan tak terduga.

3. Jangan berutang

Apapun pekerjaan Anda, berapapun jumlah gaji Anda, atau jumlah tabungan Anda di bank, utang tak akan pernah baik untuk kehidupan Anda. Terlebih utang dengan bunga tingga.

Utang bisa menghambat berbagai rencana besar Anda dalam kehidupan seperti membeli rumah atau kendaraan. Utang dalam jumlah tinggi juga bisa menghambat Anda mendapatkan pinjaman saat hendak berbisnis atau membeli rumah baru.

Jadi pastikan kelola keuangan Anda dengan baik agar terhindar dari berbagai jenis utang termasuk tagihan kartu kredit.

Comments are closed.