Tips Membangun Startup dari Nol

Tips Membangun Startup dari Nol

Tips Membangun Startup dari Nol

Tips Membangun Startup dari Nol, – Merintis sebuah startup adalah perkara mudah. Siapa saja bisa mulai membangun startup digital. Akan tetapi, hal yang sulit justru adalah menjaga startup itu terus berkembang.

Berikut ini empat tips membangun startup dari nol seperti dilansir dari The Forbes, dan apa saja yang harus Anda persiapkan?

1. Pelajari dasar-dasarnya dulu

Melansir dari laman https://maxbetresmi.com, Perjalanan membangun startup adalah pendidikan terbaik yang pernah didapat pengusaha. Setiap pelajaran baru adalah situasi dunia nyata dengan konsekuensi nyata.

Pada tahap persiapan ini, Anda perlu mempelajari dasar-dasarnya dan bergabung dengan kelompok yang mendukung Anda dalam melangkah membangun startup.

Anda bisa mengeksplorasi beberapa topik, termasuk memvalidasi ide awal, membangun produk, mempekerjakan dan mengelola tim, dan menentukan harga produk hingga anggaran.

2. Tanyakan ke diri sendiri berbagai alasan Anda membuka usaha

Apa yang memotivasi Anda untuk bertahan adalah alasan utama untuk sukses dalam berwirausaha. Mengapa Anda ingin membangun startup dan apa yang akan mendorong Anda untuk terus maju?

Alasan dan pertanyaan ‘kenapa’ bisa berubah. Banyak dari pendiri startup paling sukses saat ini memulai usaha mereka hanya untuk mengalami perjalanan startup dan menikmati kegembiraan, serta kepuasan dalam mengubah ide menjadi solusi yang berguna.

Anda bisa menjadikan hal itu sebagai contoh dalam memotivasi diri sendiri.

3. Dengarkan dan amati pesaing Anda

Amati pendiri startup lain, dengarkan cerita mereka, wawancarai, lihat pesaing Anda, berbicara dengan pelanggan mereka dan jangan ragu untuk berbagi ide dan mencari umpan balik. Tahap pra-eksekusi ini pada dasarnya dapat menjadi tahap validasi, pasar, dan penelitian pelanggan dalam membangun pasar.

Jika Anda mengeksplorasi ide startup, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah mewawancarai pendiri atau pemimpin produk yang bersaing untuk mempelajari pasar, pelanggan, solusi, inisiatif pemasaran, tantangan yang mereka hadapi, rencana dan visi mereka. Wawancara ini akhirnya bisa menjadi rencana bisnis Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa startup tahap awal terdiri dari serangkaian hipotesis yang belum teruji. Meskipun apa yang berhasil untuk perusahaan lain, bukanlah jaminan Anda juga akan berhasil loh.

4. Ingat, kebanyakan startup gagal karena tidak sesuai kebutuhan pasar

Kebanyakan startup gagal karena kurangnya kebutuhan pasar. Langkah penting lainnya yang dapat diambil pengusaha dalam fase pra-eksekusi ini adalah menggunakan setiap kesempatan untuk berbicara dengan pelanggan di masa depan.

Bahkan, jika Anda tidak secara aktif mencari umpan balik dan tidak berencana memulai usaha dalam waktu dekat, jika Anda berbicara dengan satu orang setiap bulan, pada akhir tahun, selusin percakapan akan membantu Anda menghubungkan titik-titik tentang pelanggan.

Comments are closed.